Apa Itu Marketing Online?

Marketing, merupakan salah satu bagian paling vital dalam setiap bisnis yang dijalankan. Baik dalam hal produk, maupun jasa, semua jenis tersebut membutuhkan yang namanya Marketing. Dalam bahasa Indonesia Marketing disebut dengan pemasaran. Ini merupakan peluru dari sebuah perusahaan. Apabila pemasaran berjalan dengan baik, maka perusahaan akan meraih kesuksesan baik secara finansial maupun dalam hal kesejahteraan karyawannya. Namun, apabila pemasaran dilakukan dengan cara yang salah dan tidak tepat, maka perusahaan sudah berada di zona merah menuju kebangkrutan. Sepenting itulah pemasaran di dunia bisnis ini. Sehingga, penting bagi kita untuk mengetahui sedikit apa itu pemasaran, walaupun hanya dasar-dasarnya saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, pemasaran sekarang tidak hanya dilakukan secara langsung atau face to face saja. Pemasaran atau Marketing bisa dilakukan secara online. Belajar marketing online ini ternyata gampang-gampang susah loh. Pastinya kita akan mempelajari lagi dasar-dasar mengenai penggunaan dan manfaat internet terlebih dahulu. Yuk, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

  1. Pelajari Cara Perusahaan Online Beriklan

Konsep awalnya sebelum memasuki tahap yang lebih lanjut adalah dengan mempelajari dulu beberapa perusahaan yang sudah besar dan terkenal. Pelajari website mereka, dan lihatlah di platform lain, apakah mereka juga ada di platform lain tersebut, seperti iklan di Youtube, atau  di website lainnya. Apabila memang ada, maka perusahaan tersebut sedang melakukan kegiatan promosi di internet. Tujuan akhirnya tetap sama seperti promosi pada umumnya, yaitu meningkatkan jumlah pendapatan perusahaan. Kita harus melihat, bagaimana mereka bisa menempatkan iklan tersebut tepat dari segmentasi dan pilihan website yang memiliki trafik atau kunjungan yang tinggi. Ini adalah tahapan yang sangat awal dalam belajar Marketing online.

  1. Pelajari Sosial Media

Saking banyaknya sosial media yang ada sekarang ini, kita disarankan untuk menyortir dan memilih sosial media manakah yang memiliki potensi besar untung meningkatkan penjualan kita. Kita ambil contohnya seperti Instagram, dan Facebook. Pengguna sosial media yang sudah berjumlah miliaran orang tersebut memang salah satu sosial media yang paling tepat bagi kita untuk memasarkan produk atau pun jasa yang kita jual. Setelah kita sudah mempelajari cara-caranya bagaimana agar pemasaran kita bisa efektif di sosial media tersebut, baru lah kita mulai untuk memasarkannya.

  1. Pelajari Kata Kunci

Kata kunci, merupakan salah satu hal yang paling penting apabila kita melakukan kegiatan pemasaran secara online. Pemilihan kata kunci yang tepat akan memudahkan produk kita muncul di halaman pertama mesin pencarian seperti di Google atau pun Yahoo. Biasanya, orang yang mencari sesuatu yang mereka butuhkan pastinya akan lebih memilih untuk membuka link yang ada pada halaman pertama. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kita menggunakan kata kunci yang memang sering dicari oleh orang-orang. Untuk mengetahuinya, kita bisa melihat di berbagai website yang memang sudah terafiliasi dengan mesin pencarian seperti keywordtool.io yang memang digunakan oleh banyak orang untuk mencari kata kunci yang sesuai dan banyak dicari oleh orang-orang.

Pelajari lah ketiga hal tersebut dengan baik, sehingga bisnis yang kita jalankan akan bisa lebih berkembang. Belajar marketing online memang seperti yang saya bilang tadi, yaitu gampang-gampang susah. Namun, apa bila kita mempelajari dari tahap ke tahap, maka kita akan merasakan kemudahan dalam melakukan strategi pemasaran online. Buat mereka yang sudah terbiasa mungkin ini bukanlah lagi hal yang sulit. Pertanyaannya adalah, apakah produk yang kita jual itu cukup unik dan menarik? 

Setelah mempelajari tentang apa itu marketing online, Anda baiknya juga mempelajari tentang apa saja teknologi andalan seorang markerter.

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai